Proses pembentukan energi dalam tubuh dari lemak

Link download ada diatas dan bawah artikel VII. Siklus Krebs Siklus Krebs terjadi di matriks mitokondria dan disebut juga siklus asam trikarboksilat. Trigliserida terbentuk dari 3 asam lemak dan gliserol.

Berikut ini tahapan-tahapan dari 1 kali siklus Krebs: Fungsi utamanya sebagai sumber enersi 1 gram karbohidrat menghasilkan 4 kalori bagi kebutuhan sel-sel jaringan tubuh.

Kilomikron ini akan membawanya ke dalam aliran darah.

Pengertian dan Bagaimana Proses Metabolisme Lemak di dalam Tubuh

Merupakan salah satu sumber energi yang bisa digunakan dalam aktifitas keseharian manusia. Hati mengubah karbohidrat menjadi asam lemak, kemudian membentuk trigliserida, trigliserida ini dibawa melalui aliran darah dalam bentuk Very Low Density Lipoprotein VLDL.

Bagian dalam usus kecil diselimuti dengan apa yang disebut villi yang berfungsi memperluas permukaan, guna mempercepat penyerapan hasil-hasil pencernaan. Apabila sel membutuhkan energi, enzim lipase dalam sel lemak akan memecah trigliserida menjadi gliserol dan asam lemak serta melepasnya ke dalam pembuluh darah.

Makanan yang mengandung lemak jelas akan dimetabolisme oleh tubuh menjadi asam lemak. Pada tahap 3, molekul berkarbon 2 dioksidasi dan mengikat Ko-A koenzim A sehingga terbentuk asetil Ko-A. Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein Dalam makhluk hidup, sel merupakan unit penyusun terkecil.

Berguna sebagai alat perlindungan organ tubuh yang vital seperti lambung dan jantung. HDL bertugas membuang kelebihan kolesterol dari dalam tubuh. Sedangkan kilomikron remnant akan dimetabolisme dalam hati sehingga menghasilkan kolesterol bebas.

Bermanfaat sebagai bahan dalam penyusunan vitamin dan hormon. Baca Juga: Hasil akhir dari proses pencernaan adalah glukosa, fruktosa, glaktosa, manosa, dan monosakarida lainnya. Hal ini disebabkan sumber bahan makanan yang mengandung karbohidrat lebih murah harganya dibandingkan sumber bahan makanan kaya lemak maupun protein.

Dekarboksilasi oksidatif ini terjadi di dalam mitokondria sebelum masuk ke tahapan siklus Krebs. Hati mengubah karbohidrat menjadi asam lemak, kemudian membentuk trigliserida, trigliserida ini dibawa melalui aliran darah dalam bentuk Very Low Density Lipoprotein VLDL.

Pada tahap 1, molekul piruvat 3 atom C melepaskan elektron oksidasi membentuk CO2 piruvat dipecah menjadi CO2 dan molekul berkarbon 2. · Di dalam tubuh karbohidrat dapat dibentuk dari beberapa asam amino dan sebagian dari gliserol lemak.

Metabolisme Lemak dalam Tubuh

Akan tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama sumber bahan makan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (Hutahalung, ).

Jika sel-sel tubuh sudah mendapatkan gula dari aliran darah untuk membuatnya menjadi energi, maka hormon insulin akan mengubah sisa gula yang ada di dalam darah tersebut menjadi glikogen atau gula dalam otot dan asam lemak. Asam lemak ini akan berkumpul dengan asam lemak yang dihasilkan dari metabolisme lemak sebelumnya.

Oleh karena itu, makan makanan karbohidrat yang berlebihan juga. Pembentukan glukosa dari senyawa lemak ini dirangsang oleh hormon glukagon dan glukokortikoid yang disekresikan pada kondisi dimana tubuh membutuhkan energi namun asupan glukosa menipis.

Hasil energi yang diperoleh melalui perombakan lemak yaitu sebanyak ATP (1gram pemecahan lemak menghasilkan 9,2 kalori). Proses metabolisme dalam tubuh secara umum dapat dimulai dari tubuh merubah kalori menjadi energi untuk memenuhi kebutuhan setiap sel (Nutrion Sel/NS).

Lemak sebagai sumber utama dalam proses pembentukan energi sehingga protein dalam tubuh bisa lebih hemat. Dapat berfungsi dalam proses penyusunan membrane sel dalam tubuh.

Bermanfaat sebagai bahan dalam penyusunan vitamin dan hormon. Lemak yang beredar di dalam tubuh diperoleh dari dua sumber yaitu dari makanan dan hasil produksi organ hati yang bisa disimpan di dalam sel-sel lemak sebagai cadangan energi.

Fungsi lemak adalah sebagai sumber energi, pelindung organ tubuh, pembentukan sel, sumber asam lemak esensial, alat angkut vitamin larut lemak, menghemat protein, memberi rasa kenyang dan kelezatan, sebagai 5/5.

Proses pembentukan energi dalam tubuh dari lemak
Rated 3/5 based on 61 review